Eko Jaya Saputra lahir di Tanjungkarang, 22 Oktober 1975. Eko, yang juga dikenal sebagai Mind Inspirator ini, mempunyai kepedulian terhadap pendidikan dan pengembangan diri manusia. Kepedulian terhadap perubahan hidup orang lain menjadi lebih baik mendorong Eko terus memperkaya ilmu pengetahuan. Berbagai pelatihan pengembangan diri telah diikutinya.

Ia belajar kepada para pakar di bidangnya. Seperti pelatihan Sertifikasi 100 Jam Hipnoterapi (Quantum Hypnosis Indonesia by Adi W. Gunawan), Practitioner NLP (Ronny R. Ronodirdjo), SEFT (Ahmad Faiz Zainudin), Hypnoparenting (Ariesandi Setyono), Emotional Management Quition (Antonio Dio Martyn), ESQ (Ari Ginanjar), Baca Kilat, 1 Halaman 1 Detik (Agus Setiawan), dan sejumlah pelatihan pengembangan diri lainnya.

Untuk melengkapi pengetahuannya, owner Sekolah Pengembangan Diri Indonesia dan direktur Inspirasi ini mengoleksi ratusan buku pengembangan diri, seperti hipnotherapi, hipnosis, NLP, parenting, dan berbagai buku lainnya.

Tak heran, Eko kerap diundang berbagai perusahaan, organisasi politik, dan lembaga pendidikan memberikan seminar pengembangan diri. Eko juga kerap menjadi narasumber televisi swasta dan talk show radio ternama di Lampung.

Eko juga telah memproduksi dua acara reality show, yakni Stage Hypnotist dan Komedi Hipnosis. Dua acaranya ini ditayangkan dua televisi swasta di Lampung dan mendapatkan respons positif dari pemirsa.
Eko kini aktif sebagai redaktur salah satu surat kabar harian ternama di Lampung. Meski aktivitasnya padat, Eko menyempatkan diri membuka client centered hypnotherapist.

Berbagai kasus pernah ditangani, seperti stres, depresi, fobia, tidak percaya diri, luka batin, trauma, homo, lesbi, kecanduan narkoba, berhenti merokok, menurunkan berat badan dengan aman dan nyaman (hypnoslimming), masalah rumah tangga, masalah anak, dan masalah psikosomatis lainnya, dengan hasil terapi yang efektif dan permanen.

Eko menikah dengan Afriena Puspasari Kamaroy. Pernikahannya sudah dikaruniai dua anak. Masing-masing, Hilma Sakinah (lahir 2004) dan M. Muzaki Iksar (lahir 2005).

Saat ini Eko tengah menyelesaikan program pascasarjana di universitas ternama di Lampung. Sebagai bentuk kepedulian terhadap masa depan bangsa, Eko kerap menulis artikel dari berbagai aspek, mulai dari artikel pendidikan, olahraga, ekonomi, hingga pengembangan diri yang dimuat di surat kabar yang dikelolanya.
Saat ini Eko terus mengembangkan Sekolah Pengembangan Diri Graha Inspirasi yang mulai dibuka sejak Mei 2011. Selain itu, Eko rutin menggelar pelatihan pengembangan diri, seperti Success with Hypno-SEFT and NLP, Basic Hypnosis Training, Quantum Parenting, dan Quantum Teaching.